--> Skip to main content

UN SD akan dihapus

Menyusul akan diberlakukannya kurikulum 2013 dalam dunia pendidikan di Indonesia ternyata berdampak pada keberlangsungan ujian nasional(UN). Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh, kemungkinan UN akan dihapuskan.
UN SD akan dihapus
UN SD akan siap dihapus
M. Nuh mengatakan, kini pihaknya sedang menunggu proses evaluasi yang menentukan apakah UN akan dihapus atau hanya akan diubah posisinya. "Kurikulum 2013 sudah jelas kami sampaikan, proses evaluasi atau tahap penilaian juga berubah. Oleh karena itu keberadaan UN harus direview kembali. Apakah hasilnya UN nanti dihapus atau posisinya dirubah," kata M. Nuh.

UN SD belum dihapus tahun ini

Meski belum mengetahui hasil evaluasi tersebut, namun kemungkinan besar untuk UN tingkat SD akan dihapuskan. Penghapusan UN SD, lanjut M. Nuh tidak akan di lakukan tahun ini karena pe laksanaan UN yang tidak lama lagi yaitu pada bulan Mei 2013. "Kemungkinan besar UN SD akan ditiadakan. Yang jelas bukan tahun ini soalnya tahun ini kan mau ujian," tandasnya.

Sementara itu untuk UN yang masih akan dilakukan tahun ini, dalam pengawasannya akan dilakukan sistem silang pengawas yaitu pengawas tidak dari sekolahnya sendiri. "UN pengawasannya yang penting silang. Silang antar sekolah," tegas M. Nuh.

Kurikulum 2013 tambah jam pelajaran Agama

Selain itu dalam kurikulum 2013 akan ada beberapa perubahan di kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), contohnya pembelajaran agama dan budi pekerti yang akan ditambah jam belajarnya.

"Pelajaran agama yang sebelumnya hanya dua jam, nanti akan menjadi empat jam. Karena, penanaman budi pekerti, tata krama penting dan harus diajarkan agar anak-anak memiliki kepribadian yang baik," kata mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu.

Sumber:

[1] Koran Jakarta 24/2/2013 hal: 4

Sebarkan UN SD akan dihapus ini jika memang bermanfaat. Tapi jangan lupa meletakkan sumber rujukan asli yang disertakan oleh .
Rate 5 oleh 22 orang teman.

iklan di tengah postingan
Your middle ads2 here
kode Iklan di atas komentar letakkan di sini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar